Sunday 17 March 2013

CPU (Central Processing Unit)

        CPU berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan kompter , sehingga juga disebut sebagai otak dari komputer.Selain itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data.Pekerjaan pengolahan data diantaranya mencatat, melihat , membaca , membandingkan , menghitung , mengingat , dan mengurutkan.
Dalam bekerja, fungsi CPU terbagi menjadi tiga , yaitu control unit , internal memory , dan aritmatic logical unit.
        Control Unit (CU) , yaitu sirkuit yang mengontrol arus informasi melalui prosessor dan mengkoordinasi aktivitas unit lain. CU mengambil intruksi instruksi dari system memory dan menerjemahkannya .Karena fungsinya tersebut, CU disebut juga sebagai otak dari otak komputer.
Internal memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data , baik hasil operasi atau untuk dioperasikan.
        Internal memory merupakan memori yang terdapat di dalam CPU.Internal memory sering disebut juga internal storage atau primary storage (penyimpan primer), selanjutnya cukup disebut dengan memori saja.Memori diakses oleh CPU secara langsung tanpa menggunakan channel input/output.Memori digunakan untuk menyimpan semua data yg akan diproses maupun hasil pemrosesan komputer.Di samping itu memori juga digunakan untuk menyimpan program yg digunakan untuk memproses data.Dengan demikian kapasitas memori harus cukup besar untuk menampung semuanya.Setiap data yg disimpan akan ditempatkan dalam address(alamat) tertentu sehingga komputer dengan cepat dapat menemukan data yang dibutuhkan.
        Besar kecilnya komputer , ditentukan oleh besar kecilnya memori yang dimilikinya .Apabila komputer memiliki memori besar,maka kemampuan komputer dalam hal menyimpan data juga menjadi besar, demikian pula sebaliknya.Satuan data yang tersimpan di dalam memori dinyatakan dengan byte , kilo-byte , mega-byte , ataupun giga-byte.

1.RAM (Random Access Memory)
        RAM berfungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai komputer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik.Seandainya listrik yang ada dimatikan aka program dan data yang tersimpan akan hilang.Oleh karena itu, penyimpanan data pada RAM bersifat sementera ( volatile ) .Jadi , fungsi utama RAM adalah penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan oleh komputer .Dengan adanya RAM ini maka proses kerja komputer menjadi lebih cepat. Agar data tidak hilang sewaktu komputer dimatika maka disket , dan lain lain akan dibahas pada bagian selanjutnya.
        Secara fisik, RAM berbentuk seperti sebuah cip yang sangat kecil.Saat ini , RAM berbentuk seperti sebuah cip yang sangat kecil.Saat ini , RAM mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB. Apabila pemakai komputer ingin menambah kapasitas memori yang dimilikinya, pemakai tinggal menambahkan cip RAM pada tempat yang telah disediakan (cip-set). Jenis-jenis RAM yang beredar di pasaran ada bermacam-macam , seperti SRAM , DRAM , EDODRAM , DDR , dan RDRAM.



2.ROM (Read Only Memory)
       Seperti namanya ,ROM berisi data-data yang tidak dapat diubat dan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.Isi dari ROM hanya bisa dibaca dan digunakan untuk menyimpan program yang dibutuhkan untuk pengopersian komputer seperti program boot dan BIOS (Basic Input Output System) . Program BIOS ini berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antara mikroprosessor ke komponen lain yang meliputi keyboard , monitor , printer , dan lainnya . Program BIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostik, atau memeriksa kondisi yang ada di dalam dirinya.
       Program Linkage/Bootsrap , bertugas untuk memindahkan sistem operasi yang tersimpan didalam disket , kemudian ditempatkan di dalam RAM.
Arithmatic Logical Unit (ALU) , berfungsi untuk melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan oleh CU. Instruksi tersebut berupa operasi aritmatika maupun operasi logika.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Free Music Online
Listen Me R-shit